#Label1 .widget-content{ height:200px; width:auto; overflow:auto; }

Senin, 24 Agustus 2015

Manfaat Jambu Biji




Manfaat Jambu Biji



Jambu biji merupakan tanaman jenis buah-buahan yang berasal dari amerika tropik. Jambu biji dapat tumbuh pada tanah yang  gembur dan pada tanah liat. Biasanya dijumpai pada tempat terbuka yang kandungan airnya cukup banyak. Jambu biji merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun.
Kandungan Kimia jambu Biji
Pada Daun
1.         Tanin
Tanin Merupakan senyawa polifenol atau kumpulan senyawa Organik  amorf yang berasal dari tumbuhan yang berguna sebagai  antibakteri  pada penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri Enteropathogenic Esclierichia culi (EPEC).  Tanin bersifat asam, berasa cepat, mengendapkan alkaloid dan glukosida dari lautan digunakan sebagai penyamak dan untuk membuat tinta dari besi atau tanin juga kumpulan senyawa yang mengandung fenol dan dapat mengendapkan protein
2.         Minyak Asiri (Eugenol) (C10H12O2) yaitu minyak yang menguap yang ditemukan pada tumbuhan aromatik yang terdiri atas campuran dua atau lebih terpena tau campuran oleopten dengan stearopten (essentia oil
3.         Minyak Lemak (campuran atas lemak dan esterriya (triglirserda) atau fatty oil minyak tanaman dan hewan yang tidak menguap.)


Pada Buah
1.         Asam amino
merupakan komponen utama penyusun protein. Salah satu fungsinya asam amino membantu mencegah rambut rontok sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.
2.         Pektin
merupakan senyawa polisakarida kompleks yang yang terdapat dalam dinding sel tumbuhan.  Dalam bidang kesehatan, pektin bermanfaat sebagai obat penyakit diare dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
3.         Zat Besi
Zat besi berperan penting dalam membentuk hemoglobin. Zat besi merupakan komponen pembentuk hemoglobin dan memberikan warna merah tua pada sel darah serta membantu membawa oksigen ke sel-sel tubuh.
4.         Vitamin (A, B1, dan C)
5.         Dan kaya akan serat pada kulit buah
Pemanfaatan jambu Biji
1.     Untuk Mengobati Diare
Daun jambu biji banyak mengandung Tanin yang yang dapat dimanfaatkan sebagai anti bakteri  pada penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri Enteropathogenic Esclierichia culi (EPEC). Caranya ambil beberapa daun jambu biji yang masih muda, bagi yang tahan bisa langsung dimakan, namun bagi yang tidak bisa memakan daun biji bisa dibuat minuman, caranya: dengan menumbuk daun biji setelah halus tambahkan segelas air masak saring(peras) lalu minum
2.     Meningkatkan Hemoglobin
Kandungan utama dari buah jambu biji adalah Zat besi. Zat besi berperan penting dalam membentuk hemoglobin. Zat besi merupakan komponen pembentuk hemoglobin dan memberikan warna merah tua pada sel darah serta membantu membawa oksigen ke sel-sel tubuh.  
3.     Mencegah berbagai macam penyakit
Daun biji kaya akan serat, yang berfungsi  melancarkan pencernaan dan mencegah Anda dari berbagai penyakit misalnya  Mencegah Hipertensi, jantung dan menurunkan Kolesterol.
4.     Mencegah kangker
Jambu biji banyak mengandung antioksidan dan Asam amino yang berfungsi melawan kangker
5.     Untuk Perawatan Tubuh
Kandungan astringent dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar